RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Semester : IX / Gasal
Alokasi
Waktu : 1 x 10 menit
Standar Kompetensi : 4. Memahami
peluang kejadian sederhana
Kompetensi Dasar :4.2.
Menentukan peluang suatu kejadian sederhana
Indikator :
1. Menentukan
Ruang Sampel dan Titik Sampel
2. Menentukan
Peluang Suatu Kejadian
A.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
diskusi siswa dapat :
1. Menentukan
Ruang Sampel dan Titik Sampel
2. Menentukan
Peluang Suatu Kejadian
B. Materi Ajar
Definisi
Ruang sampel
Ruang sampel adalah himpunan dari semua
hasil yang mungkin pada suatu percobaan
/ kejadian.
Ruang sampel suatu percobaan dapat
dinyatakan dalam bentuk diagram pohon atau tabel.
Contoh : ruang sampel dari uang logam


G
Definisi
Titik Sampel
Titik Sampel adalah anggota-anggota dari
ruang sampel atau kemungkinan-kemungkinan yang muncul.
Contoh : banyak titik sampel dari uang
logam ada 2 yaitu (A,G)
Definisi
kejadian
Kejadian atau peristiwa merupakan
himpunan bagian dari ruang sampel.

![]() |
Contoh :
Pada percobaan melempar sebuah dadu
bermata 6. Berapa peluang kejadian munculnya mata dadu prima ?
Penyelesaian :
Dik : Mata dadu prima, A = {(2,3,5)} = 3
Banyaknya ruang sampel, S = {(1,2,3,4,5,6)} =
6
Dit : Munculnya Mata Dadu Prima untuk
satu kali pelemparan ?
Jawab :
P (A) 

=


=

C. Sumber, Alat dan Media
ü Sujatmiko,
Ponco. 2005. Matematika Kreatif. Solo: Pt. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
ü Uang
logam dan dadu
ü LKS
D. Metode Pembelajaran
ü Diskusi,
PMRI (Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia)
E. Kegiatan Pembelajaran
Tahapan
|
Aktivitas
|
Waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
||
Pendahuluan
Apersepsi
|
· Guru
mengucapkan salam, berdoa dan mengabsen siswa.
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
· Guru
memberikan beberapa contoh penerapan ilmu peluang dalam kehidupan sehari-hari
dengan menggunakan Pendekatan Pendidikan Realistik Indonesia.
|
· Siswa
menjawab salam, berdoa dan memberi tahu siswa yang tidak masuk.
· Siswa
memahami tujuan pembelajaran.
· Siswa
memperhatikan penjelasan guru
|
2’
|
Kegiatan
Inti
|
|
||
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
|
· Guru
membagi 5 kelompok. Setiap kelompok berjumlah 5-6 orang. Kemudian menjelaskan
langkah-langkah pembelajaran serta membagikan materi siswa.
· Guru
melakukan aktivitas matematika dengan memberikan beberapa pertanyaan yang
mengiring siswa menuju konsep peluang pada LKS.
· Guru
membimbing siswa cara menentukan ruang sampel, titik sampel dan peluang.
· Setelah
diskusi kelompok selesai, guru meminta beberapa kelompok mempresentasikan hasil
kerja kelompok mereka, dan kelompok yang lain menanggapi. (Guru sebagai
moderator dan memberikan penjelasan jika diperlukan).
· Guru
membimbing diskusi kelas.
· Dari
diskusi, siswa diminta untuk membuat kesimpulan mengenai konsep peluang.
· Memberikan
penguatan terhadap hasil diskusi siswa yang telah ditampilkan.
|
· Siswa
membentuk kelompok kecil yang terdiri dari 5-6 siswa.
· Siswa
memperhatikan penjelasan guru.
· Siswa
berdikusi dengan menggunakan LKS yang telah diberikan untuk menemukan konsep peluang.
· Siswa
berdiskusi mengenai cara menentukan ruang sampel, titik sampel dan peluang.
· Masing-masing
kelompok menampilkan dan menjelaskan hasil kerja diskusi ke depan kelas.
· Siswa
bertanya dan merespon apa yang disampaikan kelompok lain.
· Siswa
menyimpulkan hasil diskusi mengenai peluang.
· Siswa
memperhatikan dan merespon terhadap apa yang disampaikan guru.
|
4’
2’
1’
|
|
|
|
|
Penutup
|
· Membimbing
siswa membuat kesimpulan terhadap konsep peluang.
· Guru
memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan untuk belajar tentang materi
selanjutnya.
|
· Siswa
menyimpulkan materi pelajaran yang telah dipelajari
· Siswa
mengerjakan PR yang berkaitan dengan peluang.
|
1’
|
F. Penilaian
Instrumen penilaian : tes tertulis
Bentuk instrument : uraian
Contoh instrument :
Indikator
|
Contoh Instrumen
|
Kunci Soal
|
Skor
|
|||||||||
1.Menentukan
Ruang Sampel dan Titik Sampel
2.Menentukan
Peluang Suatu Kejadian
|
Pada pelemparan dua
uang logam sebanyak sekali.
a.
Tentukan ruang sampel dan titik
sampel dari percobaan tersebut.
b.
Tentukan peluang munculnya mata
uang yang sama
|
a. Ruang
sampel ={(A,A),(A,G),(G,A),(G,G)}
Titik
sampel ada 4 yaitu = (A,A), (A,G),
(G,A), (GG)
b. n(A)
= {(A,A),(G,G)}=2
n(S)
= 4
P(A)=
![]() |
1
1
1
1
1
1
|

Palembang,
Kepala
Sekolah, Guru
matematika,


NIP. NIM.
2013121123
Tidak ada komentar:
Posting Komentar